Skip to main content

Bacaan Doa Sujud Sahwi Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Sujud Sahwi adalah sujud yang dilakukan ketika kita meninggalkan atau lupa melaksanakan salah satu sunnah ab'adush-sholat, seperti lupa membaca doa qunut sholat subuh. Seperti apa bacaan doa sujud sahwi lengkap dengn artinya, arti sujud sahwi, cara sujud sahwi, kenapa perlu sujud sahwi ?

Pada umumnya sujud sahwi dilakukan setelah tahiyyat akhir sebelum salam. Jadi, setelah membaca tahiyyat akhir dilanjutkan sujud (sujud sahwi) seraya membaca takbir ketika turun sujud. Adapun bacaan sujud sahwi adalah sebagai berikut :


Bacaan Doa Sujud Sahwi Lengkap

سُبْحَانَ مَنْ لاَ يَنَامُ وَلاَيَسْهُوْ
SUBHAANA MAL-LAA YANAAMU WALAA YASHUU
Artinya:
Maha Suci Allah yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa
Doa sujud sahwi dibaca 3 kali. Kemudian bangun dari sujud, dan duduk diantara dua sujud seperti sujud biasanya, kemudian sujud lagi dengan membaca bacaan yang sama seperti bacaan sujud sahwi diatas, kemudian bangun dari sujud, duduk dan salam.


Kenapa Perlu Melakukan Sujud Sahwi ?

Berikut ini sebab kenapa perlu melakukan sujud sahwi:

- Meninggalkan pekerjaan shalat yang termasuk kategori sunat ab'adl baik sebagian atau seluruh.
- Melakukan pekerjaan yang bisa membatalkan shalat (batal jika dilakukan secara sengaja) namun dalam keadaan lupa. Contoh kasus, memanjangkan atau berlama-lama pada waktu i'tidal merupakan contoh hal yang membatalkan shalat jika dilakukan secara sengaja, namun ternyata kita melakukannya tanpa sengaja/lupa. Nah, hal tersebut tidak membuat batal shalat karena lupanya, namun tetap disunatkan melakukan sujud sahwi sebelum salam.
- Memindahkan rukun qouli/ucapan pada bukan tempatnya, contohnya membaca surat al fatihah pada waktu duduk.
- Menambah rukun/pekerjaan shalat, contoh : jika seseorang sedang membaca tahiyat akhir pada shalat maghrib, kemudian timbul keraguan dalam hati bahwa dia merasa belum atau sudah melakukan ruku pada rakaat ke 3. Tanpa pikir panjang dia memantapkan hati bahwa dia belum melakukan ruku, kemudian dari posisi sedang membaca tasyahud langsung beralih ke posisi berdiri menuju takbir ruku sampai akhirnya melakukan tasyahud pada rakaat terakhir. Ketika membaca tasyahud, ternyata timbul lagi ingatan beliau dan merasa yakin bahwa sebetulnya ruku yang tadi diragukan belum dilaksanakan ternyata tidak ditinggalkan. Nah, jika ada kasus seperti ini, maka sebelum salam, lakukan sujud sahwi terlebih dahulu.

Demikianlah informasi tentang bacaan doa sujud sahwi lengkap dengan artinya. Mulai sekarang jika anda sering lupa dalam bacaan atau gerakan sholat maka hafalkanlah sujud sahwi diatas. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Tata Cara Sholat Jenazah, Niat, Lafadz/Bacaan dan Doa untuk Jenazah Pria dan Wanita

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam sholat jenazah.   Jika ada salah seorang muslim yang meninggal, maka kewajiban muslim lainnya ada empat perkara.  Yakni memandikan, mengkafani, mensholatkan, dan memakamkannya. Keempat perkara tersebut merupakan hal yang sangat krusial dan berhukum  fardhu kifayah . Artinya, bila ada yang melakukan perawatan jenazah ini maka semua orang di daerah tersebut ikut mendapat pahala. Sebaliknya, jika tidak ada yang melakukannya sama sekali, maka semuanya akan mendapat dosa. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai hal-hal yang perlu diperhatikan dalam  sholat jenazah , seperti  rukun, tata cara, niat, bacaan, dan keutamaan dari sholat jenazah tersebut . Rukun Sholat Jenazah Rukun merupakan syarat sahnya suatu ibadah yang dilakukan, termasuk dalam  sholat jenazah . Jika ada salah satu rukun yang tidak terpenuhi, maka sholatnya menjadi batal dan tidaklah dianggap sah oleh syariat Islam. Ada pun rukun sholat jenazah tersebut ada delapan, antara

Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Doa setelah sholat hajat  bisa kamu baca setelah mengerjakan sholat hajat. Namun sebelum membaca doa, alangkah baiknya dan disunnahkan membaca wirid dan dzikir kepada Allah SWT. Amalan wirid dan dzikir setelah sholat dhuha misalnya dengan membaca istighfar, sholawat nabi, tasbih dan tahlil. Setelah kamu membaca amalan wiridan dan zikir setelah sholat hajat, barulah kamu membaca doa setelah sholat hajat dalam bahsa arab. Jika kamu belum hafal maka bisa kamu hafalkan mulai dari sekarang. Agar kamu meresapi dan khusyu dalam berdoa, maka kamu juga bisa membaca arti doa setelah sholat hajat setelah kamu membaca lafadz arabnya. Dan berikut ini adalah  lafadz bacaan doa setelah sholat hajat  lengkap dalam bahasa arab, latin dan juga artinya: Lafadz Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap Arab, Latin dan Artinya لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَ

Lafadz Bacaan Niat Sholat Hajat Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Sholat Hajat adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada tengah malam sebelum tidur. Jika dilakukan setelah tidur maka itu disebut sholat tahajud. Seperti apa  bacaan niat sholat hajat ,  lafadz niat sholat hajat arab latin artinya  ?. Kamu bisa simak informasinya dibawah ini. Sholat hajat dilakukan jika kamu sedang mempunyai hajat atau keinginan agar cepat terkabul, misalnya agar diterima dalam lamaran kerja, agar diterima lamaran untuk menikah, agar lancar dalam hajatan khitanan atau pernikahan dsb. Jika kamu ingin hajat/keinginanmu cepat terkabul maka disunnahkan mengerjakan sholat hajat. Dan berikut ini adalah  lafadz bacaan niat sholat sunnah hajat  lengkap arab latin dan artinmya: Lafadz Bacaan Niat Sholat Hajat Lengkap Arab, Latin dan Artinya أُصَلِّي سُنَّةَ الحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعاَلَى Ushollii sunnatal haajati rok’aataini lillaahi ta’aala.   Artinya : Aku berniat salat hajat sunah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala. Demikianlah  lafadz bacaan niat sholat hajat leng