Skip to main content

Bacaan Niat Sholat Fardhu/Wajib 5 Waktu Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Sholat fardhu atau sholat wajib 5 waktu adalah kewajiban bagi setiap muslim yang sudah baligh/dewasa. Kali ini kita akan membahas tentang bacaan niat sholat wajib 5 waktudoa niat sholat fardhuniat sholat subuh dhuhur ashar maghrib isya. Bacaan niat sholat fardhu 5 waktu ini disajikan dalam bahasa arab, latin beserta artinya.

Bacaan Niat Sholat Fardhu/Wajib 5 Waktu Lengkap Bahasa Arab, Latin dan Artinya

Dengan menghafalkan bacaan niat sholat fardhu/wajib 5 waktu maka kita bisa mengerjakan sholat lebih khusyu karena syarat sahnya sholat salah satunya adalah niat. Disini akan dibahas apa bacaan niat sholat wajib 5 waktu mulai dari bacaan niat sholat shubuh sampai dengan sholat isya. Yuk simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Bacaan Niat Shalat Shubuh dan Jumlah rakaatnya


Shalat subuh merupakan shalat yang jumlah raka'atnya paling sedikit yaitu hanya ada 2 (dua) raka'at dalam shalat subuh, dengan mengeraskan bacaannya dikedua raka'at tersebut dan duduk tasyahhud satu kali pada raka'at terakhir. Adapun niat shalat shubuh arab, latin dan artinyaadalah sebagai berikut:

اُصَلّى فَرْضَ الصُّبْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 

USHOLLII FARDHOSH SHUBHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
 Artinya :
Aku berniat shalat fardu Shubuh dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Bacaan Niat Shalat Dzuhur dan Jumlah rakaatnya


Shalat dzhuhur adalah shalat yang dilaksanakan pada saat tergelincirnya matahari. Adapun jumlah rakaat shalat zhuhur adalah 4 (empat) rakaat, dengan memelankan bacaannya dan dengan duduk tasyahhud dua kali duduk tasyahhud. Dan berikut adalah bacaan niat shalat dzuhur 4 rakaat bahasa arab, latin dan artinya lengkap.

اُصَلّى فَرْضَ الظُّهْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

USHOLLII FARDHODL DHUHRI ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
 Artinya :
Aku berniat shalat fardu Dhuhur empat raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Bacaan Niat Shalat 'Ashar dan Jumlah rakaatnya


Jumlah rakaat shalat asyar sama seperti shalat dzuhur yakni 4 (empat) rakaat, dengan memelankan bacaannya dan dengan duduk tasyahhud dua kali duduk tasyahhud. Berikut adalah lafadz niat shalat asyar 4 rakaat dalam bahasa arab, latin lengkap artinya:

اُصَلّى فَرْضَ الْعَصْرِاَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 

USHOLLII FARDHOL 'ASHRI ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
 Artinya :
Aku berniat shalat fardu 'Ashar empat raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala 

Bacaan Niat Shalat Maghrib dan Jumlah rakaatnya


Ada 3 (tiga) raka'at dalam shalat maghrib, dengan mengeraskan bacaannya pada dua raka'at yang pertama dan memelankan bacaannya pada raka'at ke tiga atau raka'at terakhir, serta duduk tasyahud pada raka'at yang kedua dan ketiga. Dan berikut adalah lafadz niat shalat maghrib lengkap bahasa arab, latin dan artinya

اُصَلّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 

USHOLLII FARDHOL MAGHRIBI TSALAATSA RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
 Artinya :
Aku berniat shalat fardu Maghrib tiga raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Bacaan Niat Shalat 'Isya dan Jumlah Rakaatnya


Sama seperti shalat dzuhur dan asyar, yakni jumlah raka'atnya ada 4 namun berbeda bacaannya. Jika dalam shalat dzuhur dan asyar memelankan bacaannya, maka pada shalat isya harus mengeraskan bacaannya pada kedua raka'at yang pertama dan memelankan bacaannya pada kedua raka'at yang lain (dua raka'at terakhir), serta duduk tasyahud dua kali disetiap dua rakaat. Untuk bacaan niat shalat isya 4 raka'atadalah sebagai berikut lengkap dengan lafadz bahasa arab, latin dan artinya: 

اُصَلّى فَرْضَ الْعِشَاءِ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى 

USHOLLII FARDHOL 'ISYAA'I ARBA'A RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN MA'MUUMAN LILLAAHI TA'AALA.
 Artinya :
Aku berniat shalat fardu 'Isya empat raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

Demikianlah lafadz bacaan niat sholat fardhu 5 waktu dalam bahasa arab, tulisan latin dan artinya lengkap, silakan teman-teman atau adik-adik sesuaikan niatnya dengan sholat yang dilaksanakan. Misalnya melaksanakan shalat maghrib, maka membaca niatnya niat shalat maghrib dan seterusnya.

Catatan Penting:

Bacaan Niat Sholat Wajib 5 Waktu di atas adalah khusus bagi yang melaksanakan sholat berjama'ah sebagai ma'mum (makmum). Dan apabila teman-teman melaksanakan sholatnya sendirian, maka lafadz bacaannya berbeda (Tanpa lafadz Ma'muuman), begitu juga ketika menjadi Imam shalat, maka lafadz "ma'muuman" diganti "imaaman". Silakan perhatikan contoh berikut. 

Bacaan Niat Sholat Fardhu (Shalat Sendirian)
Ketika teman-teman sholat sendirian, maka bacaan lafadz niat sholatnya adalah sebagai berikut : 

اُصَلّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً ِللهِ تَعَالَى 

USHOLLII FARDHOL MAGHRIBI TSALAATSA RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN LILLAAHI TA'AALA.
 Artinya :
Aku berniat shalat fardu Maghrib tiga raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala
Contoh diatas saya menggunakan niat shalat maghrib. Jika teman-teman shalat isya sendirian maka tinggal sesuaikan saja, begitu juga seterusnya.

Bacaan Niat Sholat Fardhu Sebagai Imam 

اُصَلّى فَرْضَ الْمَغْرِبِ ثَلاَثَ رَكَعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اَدَاءً إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى 

USHOLLII FARDHOL MAGHRIBI TSALAATSA RAKA'AATIM MUSTAQBILAL QIBLATI ADAA-AN IMAAMAN LILLAAHI TA'AALA.
 Artinya :
Aku berniat shalat fardu Maghrib tiga raka'at menghadap kiblat sebagai Imam karena Allah Ta'ala
Demikianlah bacaan niat sholat fardhu/wajib 5 waktu lengkap mulai dari bacaan niat sholat shbuh, niat sholat dhuhur, niat sholat ashar, niat sholat maghrib dan niat sholat isya lengkap dalam bahasa arab, latin dan artinya. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Doa setelah sholat hajat bisa kamu baca setelah mengerjakan sholat hajat. Namun sebelum membaca doa, alangkah baiknya dan disunnahkan membaca wirid dan dzikir kepada Allah SWT. Amalan wirid dan dzikir setelah sholat dhuha misalnya dengan membaca istighfar, sholawat nabi, tasbih dan tahlil.

Setelah kamu membaca amalan wiridan dan zikir setelah sholat hajat, barulah kamu membaca doa setelah sholat hajat dalam bahsa arab. Jika kamu belum hafal maka bisa kamu hafalkan mulai dari sekarang. Agar kamu meresapi dan khusyu dalam berdoa, maka kamu juga bisa membaca arti doa setelah sholat hajat setelah kamu membaca lafadz arabnya.

Dan berikut ini adalah lafadz bacaan doa setelah sholat hajat lengkap dalam bahasa arab, latin dan juga artinya:
Lafadz Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap Arab, Latin dan Artinyaلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ و…

Lafadz Doa Untuk Kedua Orang Tua/Ibu Bapak Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Sebagai anak harus berbakti kepada orang tua karena ridha orang tua adalah ridha Allah juga dan murka orang tua adalah murka Allah juga. Jangan sampai kita menjadi anak yang durhaka kepada orang tua baik itu bapak ataupun ibu. Hal itu sesuai hadis nabi yang berbunyi:


رِضَى اللهِ فِى رِضَى الْوَالِدَيْنِ وَسُخْطُ اللهِ فِى سُخْطِ الْوَالِدَيْنِ Artinya:
"Keridhaan Allah itu tergantung pada keridhaan orang tua dan kemurkaan Allah tergantung pada kemurkaan orang tua"  (H.R Tabrani)

Berdasarkan hadis diatas maka sebagai anak suda seharusnya wajib berbakti kepada orang tua. Salah satu kewajiban anak pada orang tua adalah dengan mendoakan orang tua baik yang masih hidup ataupun yang sudah meninggal. Dan berikut ini adalah lafadz bacaan doa untuk kedua orang tua/bapak ibu lengkap arab, latin dan artinya/terjemahannya:


Doa Untuk Kedua Orang Tua/Bapak Ibu اَللّٰهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا
Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rab…

Bacaan Niat Puasa Ramadhan Dan Doa Saat Berbuka Puasa Lengkap Dengan Artinya

Menjalankan ibadah puasa Ramadhan merupakan kewajiban bagi kita selaku umat islam yg berakal lagi baligh, sehat dan menetap (bukan musafir) serta wanita yang suci dari haid dan nifas, pd bulan Ramadhan selama satu bulan penuh utk melaksanakan rukun iman yang keempat yang telah diperintahkan oleh Allah Swt. Yang berarti kita hrus menahan diri dari segala sesuatu yg membatalkannya seperti halnya menahan lapar, haus, hawa nafsu maupun pembatal lainnya dan disertai dengan adanya niat yg dilakukan dari mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari.



Mengenai kewajiban puasa ramadhan Allah Swt berfirman dlm surat Al-Baqarah ayat 183 yang Artinya:"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sbelum kamu agar kamu bertaqwa". Dan juga sabda Rasulullah saw yg Artinya: "Dari Ibnu Umar ra bahwa Rasulullah saw bersabda : Didirikan Islam atas lima dasar yaitu: mengaku bahwa tiada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad utusan Allah.…